Kenali Penyebab dan Tips Menggunakan Softlens yang Tepat agar Mata Tidak Iritasi

Tags

Saat ini tidak sedikit orang yang menjadikan softlens sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata sekaligus penunjang penampilan. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami iritasi setelah menggunakan softlens. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana tips menggunakan softlens agar tidak iritasi? Berikut ulasan lengkapnya.


Penyebab Mata Iritasi Akibat Softlens

Iritasi yang terjadi setelah menggunakan softlens biasanya berupa mata terasa kering dan memerah. Namun jika iritasi ringan tersebut terus dibiarkan terjadi, maka berpotensi memunculkan gangguan mata yang lebih serius, seperti katarak dan tumor mata. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi iritasi.

Kurangnya oksigen di kornea karena tertutup softlens bisa menjadi penyebab utama iritasi. Bakteri mudah masuk ke kornea yang kering, sehingga mata bisa memerah dan mengalami iritasi. Penyebab lain adalah pemilihan desain softlens yang kurang tepat. Beberapa pengguna softlens pemula maupun pemilik mata sensitif, bisa mengalami iritasi karena desain softlens yang terlalu mencolok.

Selain itu, penggunaan softlens yang terlalu intens juga dapat membuat mata terasa tidak nyaman dan mengakibatkan iritasi. Rasa tidak nayaman ini bisa muncul karena ukuran softlens yang tidak sesuai ukuran mata, serta minimnya kadar air softlens. Beberapa hal ini sering menjadi penyebab mata menjadi iritasi saat menggunakan softlens.

Tips Menggunakan Softlens agar Tidak Iritasi
Beberapa pengguna softlens memutuskan berhenti menggunakan softlens karena mengalami iritasi mata dan belum mengetahui cara menggunakan softlens yang benar. Padahal sebenarnya, gangguan mata seperti mata kering atau memerah, tidak akan terjadi jika softlens digunakan secara benar. Berikut beberapa tips menggunakan softlens agar terhindar dari iritasi:

1. Gunakan Softlens Berbahan Hydrogel
Agar mata tidak mudah iritasi saat menggunakan softlens, sebaiknya gunakan softlens berbahan hydrogel. Lensa kontak dari bahan ini memiliki kadar air dan sirkulasi oksigen yang cukup tinggi. Tersedia juga softlens berbahan Silicone Hydrogel yang menawarkan kenyamanan lebih. Lensa kontak jenis ini akan tetap nyaman di mata meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

2. Pilih Softlens yang Sesuai
Selain memiliki bahan yang beragam, softlens juga memiliki desain dan ukuran yang berbeda. Karenanya, pilihlah jenis softlens yang sesuai dengan ukuran dan jenis mata. Khusus untuk pemula dan pemilik mata sensitif, gunakan softlens yang memiliki desain tidak terlalu mencolok. Motif dan warna yang beragam pada softlens dapat membuat mata jadi iritasi, apalagi jika masih dalam proses penyesuaian. 

Jenis softlens dengan warna yang lembut dan motif yang lebih sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, pastikan ukuran softlens sesuai dengan ukuran mata, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, agar nyaman saat digunakan.

3. Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Softlens
Jika sudah menemukan softlens yang tepat, cuci tangan Anda sebelum menggunakan softlens agar softlens tetap bersih saat digunakan. Tangan yang tidak dicuci berpotensi memindahkan kuman dari tangan ke lensa kontak yang nantinya menyebabkan iritasi. Sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

4. Bersihkan Softlens Sebelum Digunakan
Meski softlens sudah tersimpan dalam keadaan terendam, Anda tetap perlu membersihkan softlens sebelum menggunakannya. Ambil softlens menggunakan jari telunjuk, dengan posisi softlens berbentuk huruf “U”. Bersihkan lensa kontak dengan cairan pembersih khusus dan jangan menggunakan air biasa.

5. Perhatikan Cara Menggunakan Softlens
Gunakan softlens dengan menggunakan jari telunjuk yang dalam keadaan bersih dan kering. Saat berdAndan, sebaiknya softlens digunakan sebelumnya, agar tidak terkena riasan. Ketika selesai, lepas softlens terlebih dahulu sebelum membersihkan riasan.

Beberapa tips ini kiranya dapat menghindarkan Anda dari iritasi saat menggunakan softlens. Namun hal utama yang perlu ditekankan adalah tentang pemilihan jenis softlens yang digunakan. Pilihlah jenis softlens yang memiliki kandungan air dan tingkat sirkulasi oksigen yang tinggi agar mata tetap lembab dan terhindar dari iritasi.

Gunakan Softlens Cantik dan Sehat, Miacare
Softlens yang bagus tidak hanya dilihat dari warna dan motifnya saja, tetapi juga dilihat dari bahan dan formula yang terkandung di dalamnya. Softlens Miacare merupakan pilihan yang tepat karena merupakan softlens paling sehat dan cantik alami. Lensa kontak Miacare dibuat di Taiwan dan telah diakui secara internasional.

Softlens ini memiliki oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t yang sangat tinggi, sehingga menyehatkan mata. Softlens Miacare terdiri dari Miacare CONFIDENCE Shimmer (daily) dan CONFIDENCE Flash (monthly) yang memiliki base curve 8,7 mm. produk ini telah mendapat izin resmi dari Kemenkes RI AKL dengan nomor 21204021759 untuk Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily) dan 21204021590 untuk Miacare CONFiDENCE Flash (monthly), sehingga aman untuk digunakan.

Softlens Miacare dilengkapi teknologi baru, EautraSil Technology yang berperasn sebagai UV Blocking untuk mengindari mata dari bahaya sinar UV. Lensa kontak Miacare memiliki motif bintik-bintik atau dotting yang aman untuk mata dan membuat penggunanya tampil cantik alami. Produk ini tersedia dalam 4 pilihan warna, yakni pink, hazel, blue dan grey yang cocok untuk semua warna kulit.

Miacare CONFIDENCE Shimmer bisa digunakan dalam waktu 5-6 hari dengan transmisi oksigen DK/t 151 yang merupakan tertinggi di kelasnya. Lensa ini berdiameter 14,1 mm dan memiliki kandungan air sebanyak 49%. Sedangkan CONFIDENCE Flash bisa digunakan selama sebulan dan berdiameter 14,3 mm. Lensa kontak ini memiliki oxygen transmissibility DK/t 193 yang tertinggi di dunia.

Softlens Miacare sangat aman karena memiliki 3 layer pelindung bagian tengah, sehingga mata tidak bersentuhan dengan warna dan motif. lensa kontak Miacare termasuk sebagai satu-satunya softlens berwarna Silicone Hydrogel yang aman untuk pemula dan semua jenis mata. Karena terbuat dari bahan Silicone Hydrogel, softlens ini nyaman dan aman untuk mata meski digunakan dalam waktu lama.

Miacare, The Expert of Silicone Hydrogel Softlens
Jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang softlens tersehat dan alami ini, Anda bisa mendapatkannya di www.miacare.co.id. Kini Anda tidak perlu khawatir mengalami iritasi saat menggunakan softlens berwarna. Gunakan softlens Miacare, softlens warna SiHy terbaik untuk tampil cantik dan sehat.

This Is The Newest Post