Kreasi 5 Menu Sambal Klotok yang Pedas dan Gurih

Sambal klotok merupakan salah satu sambal andalan di Indonesia, karena memang kuliner Indonesia sangat identik dengan sambal yang khas. Sambal ini pun termasuk yang menjadi favorit, selain rasanya yang mantap juga padanan makanannya juga sangat menggiurkan untuk dibarengi dengan lauk pauk.


Pilihan Menu Sambal Klotok
Sambal apapun bisa dikreasikan dengan makanan lainnya, sehingga makanan tersebut menjadi sangat lezat dan gurih. Yang sudah sangat dikenal dengan sambal baladonya juga divariasikan dengan makanan lain seperti telur balado atau ayam balado. Begitupun sambal klotok, banyak kreasi yang bisa Anda tambahkan sebagai menu dengan sambal ini, seperti misalnya:

1. Ikan-ikanan
Ini adalah bahan pertama yang paling banyak pilihannya, menu ikan-ikanan bisa dipadukan dengan sambal yang satu ini. seperti ikan asin, ikan pindang, ataupun ikan lainnya yang biasa dicampur dengan sambal.

2. Tempe 
Bahan makanan tempe sudah sangat biasa dicampur dengan sambal, sehingga membuat makanan ini menjadi tambah nikmat. Bisa diebut sebagai sambal klotok tempe.

3. Terong
Terong yang sering dijadikan campuran sambal juga bisa digabung dengan sambal ini, olahan terong yang lembek membuat sambal pun menjadi tambah gurih.

4. Pete
Sebagian orang sangat menyukai jenis makanan ini, sehingga sering dicampur dengan olahan sambal. Karena, menurut orang-orang yang menyukainya pete sangat nikmat dan gurih sehingga sambal pun akan menjadi tambah nikmat. Kalau tidak percaya, boleh Anda coba sendiri dengan sambal jenis ini.

5. Kacang panjang
Sambal klotok juga bisa dipadukan dengan kacang panjang, olahan sambal dengan kacang panjang memang sudah sangat biasa sehingga tidak terlihat aneh.

Sambal klotok memang sangat sederhana, seperti seperti jenis sambal-sambal lainnya. Tapi walaupun begitu, rasanya sangat luar biasa. Sekarang pun, sudah banyak yang menjual jenis sambal ini dipasaran hanya tidak menggunakan campuran apapun. Karena, tidak sedikit juga yang menjadikan sambal ini menjadi sambal favoritnya untuk menyantap nasi dan lauk pauknya. Rasanya yang cukup pedas dan gurih, membuat semua makanan yang bercampur menjadi makanan yang sangat luar biasa nikmat.