Ruko Minimalis, Solusi Tanah Terbatas Untuk Hunian dan Tempat Usaha

Ruko minimalis era modern ini sudah menjadi salah satu alternatif menekan anggaran dalam membangun sebuah usaha. Mengembangkan bisnis memerlukan tempat perdagangan, salah satunya dengan ruko. Telah diketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, sehingga kebutuhan dan persediaan tanah tak seimbang. Solusinya dengan membangun sebuah ruko yang ukuran yang tidak luas.


Berbagai Desain Ruko Minimalis
Walaupun tempat dagang yang kecil, namun desain dari ruko banyak yang menarik. Ingin mencobanya? Berikut ini desain ruko yang minimalis.

1. Ruko Mungil Tanpa Disertai Pagar
Ruko yang terletak di pinggir jalan biasanya tanpa disertai sebuah pagar. Desain ruko yang terletak seperti ini sebaiknya menyediakan lahan parkir yang aman bagi pengunjung ruko. Desain ruangan sedemikian rupa agar mencukupi untuk berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Daya estetika akan hadir jika memiliki lahan parkir yang memadai.

2. Ruko Mungil Dua Lantai
Ruko minimalis dua lantai ini bisa dimanfaatkan menjadi 2 fungsi. Pada lantai bawah untuk kegiatan bisnis sebagai tempat menjual barang. Sedangkan, lantai atas bisa dimanfaatkan untuk tempat tinggal pribadi. Keuntungannya dalam hal ini bisa fokus menjalankan bisnis dengan maksimal. Tak takut kehilangan barang yang dijual karena satu bangunan dengan tempat tinggal pribadi.

3. Ruko Mungil Berkanopi
Pemasangan kanopi sudah banyak dilakukan pada bangunan ruko. Kanopi bisa dipasang, baik pada bagian depan lantai bawah maupun lantai atas. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apa fungsi dari kanopi? Ya, kanopi ini bagaikan suatu pelindung agar barang yang berada di atas permukaan lantai tanah tak terpapar sinar matahari yang membuat cepat rusak.

4. Ruko Mungil Tanpa Pintu Teralis
Biasanya pintu teralis ini lebih diutamakan dalam membangun tempat bisnis agar lebih aman. Namun, sebagian orang mendesain rukonya tanpa pitu trails. Jadi akan tampak seperti pintu rumah seperti biasa.

5. Desain Ruko Berwarna-Warni
Warna sebuah bangunan bisa menciptakan keindahan tersendiri. Desain warna –warni sering kali ditemui pada bangunan ruko. Warnanya tersebut membuat pandangan mata langsung tertuju pada ruko.

Membangun sebuah ruko kini tak harus dengan lokasi yang luas. Dengan penataan yang rapi, semua barang juga bisa dimasukkan dalam ruangan ruko minimalis.