Mengenal Kucing Calico yang Terkenal Membawa Keberuntungan

Salah satu kucing yang mempunyai daya tarik luar biasa adalah kucing calico. Kucing ini bukanlah jenis ras tertentu, melainkan julukan untuk kucing yang memiliki 3 jenis warna yang berbeda. Jadi, ras kucing apapun dapat disebut sebagai calico jika warna bulunya terdiri dari lebih dari 2 warna yang berbeda-beda.


Bagaimana Kucing Calico Terlahir?
Faktanya, kucing yang terlahir dengan 3 warna atau biasa disebut dengan calico ini tidak dapat dibiakkan. Hal ini dikarenakan sifat genetiknya yang unik. Kucing ini akan terlahir secara alami dengan warna warni acak yang tidak dapat diperkirakan. Kehadiran kucing ini seperti hadiah dari alam. Sebanyak 99,9% dari kucing ini adalah betina karena susunan unik kromosom yang juga turut andil dalam variasi warna pada bulunya.

Calico betina mempunyai dua kromosom X dengan kode warna. Apabila kucing memiliki satu kromosom X berkode warna oranye dan satu lagi  berkode warna hitam, maka kucing tersebut akan menjadi calico. Dalam hal ini, embrio betina berperan dalam mematikan satu kromosom X di setiap sel yang ada sehingga menghasilkan variasi warna hitam dan oranye.

Apabila terjadi anomali genetik yang dikenal dengan sindrom XXY, maka seekor kucing jantan akan memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y sehingga terlahir sebagai calico. Namun kejadian ini hanya 1 : 3000 yang menyebabkan sangat jarang calico berkelamin jantan.

Kucing Jenis Calico Dipercaya Membawa Keberuntungan
Sebagian masyarakat percaya bahwa kucing calico jantan akan mendatangkan keberuntungan dalam hidup mereka karena keberadaannya yang sangat langka. Ada beberapa kepercayaan mengenai hal ini, antara lain:

- Calico dibawa oleh para nelayan Jepang yang melaut untuk melindungi dari badai dan hantu nenek moyang mereka.

- Maneki Neko adalah patung pembawa keberuntungan yang berbentuk kucing jenis calico dan biasa ditempatkan di pintu masuk rumah masyarakat Jepang.

- Warga Amerika Serikat memberi julukan kucing uang kepada calico karena kucing ini dianggap membawa keberuntungan.

Jenis calico bisa terjadi pada kucing ras manapun. Anda tetap bisa memilih memelihara kucing calico ras kesayangan yang mempunyai 3 warna ini.