Angin Segar Dalam Bidang Ekspor Indonesia ke Thailand

Tags

Ekspor Indonesia ke Thailand merupakan salah satu kerjasama bilateral kedua pihak. Keduanya menjaga hubungan dengan baik melalui perdagangan internasional dalam upaya pemenuhan kebutuhan masing-masing negara. Hubungan tersebut berjalan dengan baik terlepas dari naik turunnya jumlah transaksi komoditi unggulan dalam periode tertentu.


Namun, hal tersebut bukanlah halangan untuk tetap berupaya dan menjaga kualitas produk agar tetap bersaing  kuat di pasar internasional. Perubahan yang terjadi dalam aturan dan kebijakan perdagangan internasional pun tidak menghalangi kerjasama bilateral yang telah terjalin antara kedua negara penggagas ASEAN ini. Berikut akan dibahas mengenai angin segar atau kebijakan yang menguntungkan dalam bidang ekspor Indonesia ke Thailand.

Kesepakatan Perdagangan Transaksi Langsung
Kesepakatan ini tentunya disambut dengan baik oleh kedua pihak yaitu Indonesia dan Thailand. Adapun kebijakan dalam penggunaan mata uang masing-masing negara atau LCS (Local Currency Settlement) memberikan keuntungan tersendiri. Berkaca dari pengalaman sebelumnya dimana transaksi kedua belah pihak menggunakan mata uang Dollar AS, kebijakan ini bagaikan oase di padang pasir.

Diharapkan kebijakan tersebut dapat memberikan semangat bagi kedua pihak termasuk ekspor Indonesia ke Thailand untuk menjaga hubungan baik antar negara. Selain itu, upaya dalam peningkatan kualitas produk juga diharapkan untuk senantiasa dipertahankan.

Penguatan Mata Uang Lokal
Sebagaimana kabar baik pada kesepakatan perdagangan transaksi langsung diatas. Hal tersebut memberikan peluang pada penguatan mata uang lokal. Tingginya mobilitas dan sirkulasi pada konversi mata uang lokal Rupiah dari Baht Thailand akan sangat berpengaruh pada tingkat perekonomian Indonesia. Dengan demikian, diharapkan bahwa penggunaan mata uang rupiah semakin kuat baik dalam negeri maupun rintisannya di luar negeri termasuk Thailand.

Optimalisasi Keuangan Digital
Adapun kebijakan diatas tentunya memberikan dampak di bidang keuangan digital. Konversi mata uang lokal pada setiap transaksi tentu perlu didukung dengan kecanggihan teknologi. Dengan demikian proses transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan tepat.

Kebijakan ini juga memberikan semangat bagi masing-masing negara untuk memfasilitasi upaya peningkatan kecanggihan teknologi dalam negeri. Adapun manfaat dari optimalisasi keuangan digital diharapkan memberikan pengaruh pada daya tarik pasar lebih luas lagi.

Usaha terbaik dalam menjaga kestabilan hubungan ekspor Indonesia ke Thailand ditentukan oleh upaya pemberian pelayanan terbaik pada masing-masing pihak. Diharapkan dengan adanya berbagai keuntungan dari beberapa kebijakan dalam bidang perdagangan dan kerjasama bilateral memberikan semangat berjuang bersama.

Perjuangan dalam menghadapi ketidakpastian dalam persaingan ekonomi global tidaklah mudah. Adanya ekspor Indonesia ke Thailand dan hubungan yang dibangun antar negara menjadi salah satu penguat dan penyokong untuk tetap bertahan dan meningkatkan performa pada tempatnya. Dengan demikian, dukungan dari berbagai pihak menuju peningkatan ekonomi nasional juga tetap diperlukan.